Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen BKN Beri Pembekalan Seleksi Penerimaan CPNS Kemendagri Tahun 2019

Sahabat pembaca blog Pendidikan IPA, sudah tahukah anda bahwa Gempita Penerimaan CPNS Tahun 2019 segera dimulai, persiapan demi persiapan mulai dilakukan. Hari ini Kamis (07/11/2019) di Jakarta, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengundang Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk memberikan pembekalan seleksi administrasi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diikuti sekitar 50 peserta calon verfikator Kemendagri. Hadir dalam acara tersebut, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen (PPSR) BKN, Heri Susilowati dan Kepala Bidang Fasilitasi Seleksi pada PPSR BKN, Sa’i Mulyadi.

Heri Susilowati menyampaikan bahwa fungsi verifikator nantinya adalah mengkategorikan peserta yang memenuhi syarat maupun tidak memenuhi syarat pada tahapan seleksi. Menjadi kewenangan masing-masing instansi dalam memberlakukan verifikasi pada saat penyelenggaraan seleksi CAT di luar ruang CAT, sedangkan setelah peserta masuk ke dalam ruang CAT maka peserta menjadi kewenangan BKN. “Tim verifikator diharapkan bersikap objektif dalam memverifikasi nilai, dengan tidak melihat kesukuan dari tiap peserta seleksi” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Sai Mulyadi turut menjelaskan lebih dalam mengenai titik lokasi pelaksanaan, cost sharing, tugas panitia di lokasi ujian, serta sarana dan prasarana yang perlu dipersiapkan oleh masing-masing instansi. “Terdapat sarana dan prasarana yang harus disiapkan oleh instansi terkait, beberapa hal yang perlu dipenuhi oleh BKN di lokasi ujian adalah server dan mobile server” ungkapnya.

Pembekalan materi ini dilakukan guna memberikan pemahaman teknis saat pelaksanaan seleksi CPNS dengan metode Computer Assisted Test (CAT). Selain memberikan pemahaman teknis, BKN juga memberikan pemaparan terkait formasi, admin SSCASN, serta verifikasi kepada setiap peserta.

Berita ini bersumber dari BKN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar